Powered By Blogger
welcome in myblog
welcome in my world

Laman

Senin, 27 Desember 2010

Komputer Tak Kenal Umur


Teknologi saat ini bukan lagi jadi hal yang asing di telinga kita. Teknologi terus berkembang tiap waktu bahkan tiap detik sekarang tercipta teknologi-teknologi baru yang tentunya lebih canggih dari teknologi sebelumnya. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah komputer. Komputer terus berkembang dari waktu ke waktu dan kemampuannya terus berkembang. Computer bahkan sekarang dikemas dalam ukuran mini yang dapat di bawa kemana saja ini tentunya sangat membantu bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka menggunakan computer tiap waktu dan tiap saat.
          Computer juga sekarang bukan lagi menjadi barang mewah melainkan menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-sehari terutama bagi pekerja, pelajar, dan mahasiswa yang memiliki ketergantungan dengan computer yang cukup tinggi. Saat ini penjualan Laptop atau computer jinjing sangat meningkat ini dikarenakan kebutuhan akan laptop semakin meningkat untuk menunjang aktivitas para penggunanya.
          Pengguna computer saat ini pun sudah tidak melihat umur dari muda, tua, bahkan anak-anak. Anak-anak sebagai pengguna computer tentu suatu hal yang sangat menarik karena ternyata sebagian anak-anak pengguna computer adalah balita atau anak di bawah umur 5 tahun. Memang banyak yang beranggapan sebaiknya computer belum diberikan pada usia dini karena memaksa anak untuk menjangkau tahap berpikir operasional konkrit sembentara mereka baru pada tahap simbolik. Akan tetapi penlitian-penelitian menunjukkan sebaliknya.
          Sebuah penelitian menunjukan bahwa computer untuk anak 3-4 tahun memiliki manfaat untuk maningkatkan kreativitas, ntelegensia, keterampilan nonverbal, pengetahuan structural, ingatan jangka panjang, kecekatan tangan, keterampilan verbal, penyelesaian masalah abstraksi, keterampilan konseptual dan harga diri. Sedangkan untuk anak taman kanan-kanan dan SD awal adalah meningkatkan keterampilan motorik, mempertinggi berpikir matematis, meningkatkan kreativitas, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta dapat memperkaya nilai bahasa mereka. Hal tersebut dapat tercipta apabila anak menggunakan software yang tepat untuk pendidikan anak usia dini. Tentu saja hal ini juga memerlukan bimbingan dari guru maupun orang tua agar penggunaan computer tetap terkontrol. Baik guru maupun orang tua juga harus bisa memberikan software pendidikan seperti menggambar, game-game pendidikan yang tentunya dapat membantu anak dalam belajar sehingga anak tidak tidak jenuh dalam belajar.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa computer memiliki manfaat bagi pengembangan potensi anak usia dini. Tidak ada salahnya jika computer menjadi salah satu alternative –tanpa mengesampingkan bahan-bahan tradisional lainnya—dalam pendidikan anak usia dini. Karena usia dini merupakan usia kritis untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki anak sehingga perlu difasilitasi agar memperoleh hasil yang optimal. Ini juga salah satu strategi agar anak lebih giat belajar tanpa menimbulkan rasa bosan dan tertekan pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar